fbpx
parallax background

Perlukah Si Kecil Memiliki Dompet Anak dari Wigglo?

June 27, 2018
Berikan si Kecil Tas Duffel Agar Lebih Aktif Bersekolah!
June 25, 2018
Ajari si Kecil Memakan Bekal Sehat dengan Tas Bekal Wigglo!
June 29, 2018

Uang adalah salah satu aspek penting dalam kehidupan yang tentunya perlu Mom ajarkan kepada anak sedari kecil, lho.

Sebagai orang tua, tanyakan pada diri Mom; apakah si Kecil sudah mengenal uang? Sejak kapan si Kecil mengenal uang? Apakah si Kecil sudah mengenal pengelolaan uang dan menabung?

Pertanyaan-pertanyaan di atas perlu Mom jawab dengan jujur sebelum Mom memulai mengenalkan pengelolaan uang dan menabung. Si Kecil menyerap informasi dengan begitu cepat di usia dini. Banyaknya interaksi si kecil dengan orang-orang dewasa di sekitarnya, tidak menutup kemungkinan membuka pintu bagi masuknya informasi tentang uang pada si Kecil. Tak jarang orang dewasa memberikan sejumlah uang pada si Kecil, misalnya dengan pesan ‘untuk membeli permen’. Pesan semacam ini diolah di otak si Kecil sebagai data bahwa uang dapat ditukarkan dengan permen.

Banyak anak di usia dini telah mengenal dan memahami konsep uang. Mereka sudah paham bahwa dengan uang, mereka bisa membeli sesuatu. Namun, sebaiknya Mom jangan memandang hal ini sebagai sebuah masalah. Mari ubah pola pikir bahwa dengan anak yang telah memahami konsep uang dan kegunaannya, tugas Mom telah berkurang. Yang perlu Mom lakukan sekarang adalah mengajarkan pengelolaan uang dan menanamkan pemikiran  menyisihkan sebagian untuk menabung.

Baca Juga: Yuk Ajari Buah Hati Mom Mengelola Uang Sejak Dini!

Mengenalkan pengelolaan uang pada si Kecil dapat dimulai dengan memberikan contoh yang dapat dipahami. Misalnya Mom ingin memasak daging di akhir minggu. Maka Mom dapat mencari informasi harga daging dan membaginya dengan jumlah hari yang tersisa untuk menabung. Setelah didapat sebuah angka, Mom dapat menyisihkan sebagian uang belanja, agar di akhir minggu terkumpul sejumlah uang yang dibutuhkan untuk membeli daging.

Libatkan si Kecil pada setiap tahap. Pastikan ia melihat saat Mom memasukkan uang ke celengan. Ajak ia membuka celengan di akhir masa menabung. Tak lupa, ajari juga si kecil untuk menghitung uang dengan efektif. Libatkan pula saat pergi ke pasar untuk membeli benda yang direncanakan. Ajak pula menikmati hasil menabung.

Sepanjang masa pengamatan itu, si Kecil akan mendapatkan informasi tentang perencanaan tabungan, usaha memenuhi target, pelaksanaan target, sampai menikmati hasilnya. Sesekali, tunjukkan bagaimana Mom memilah uang dan menyimpannya di dalam dompet.

Mungkin si Kecil akan bertanya mengapa Mom perlu memiliki dompet. Mom dapat jelaskan keperluan Mom memilih dompet yang saat ini Mom gunakan. Mungkin karena jumlah partisinya, mungkin karena jumlah kantongnya, ukurannya, modelnya, warnanya, dan alasan lainnya. Tentu titik beratnya pada fungsi utama dompet sebagai tempat penyimpanan uang yang rapi.

Saat si Kecil paham dan tertarik mengelola uangnya sendiri, berikan hadiah berupa sebuah dompet anak dari Wigglo. Wigglo menyediakan dompet khusus anak dengan beberapa pilihan menarik untuk si kecil. Ada yang bergambar rubah, landak, dan paus. Gambar yang disajikan lucu, dengan warna dompet yang menarik. Dompet dibuat dengan bahan yang awet. Tersedia juga tempat penyimpanan uang, koin, display kartu identitas dan tempat kartu yang tentunya sangat menarik bagi si kecil.

Baca Juga: Lengkapi Kebutuhan Sekolah si Kecil dengan Tas Wigglo

Mom tertarik untuk mengajarkan si kecil menabung sedari dini dengan dompet dari Wigglo? Yuk kunjungi store terdekat Mom di sini!